Bagaimana cara mendidik anak dengan baik ?

cara mendidik anak di al masoem

mendidik anak

Bagaimana cara mendidik anak dengan baik. Pepatah lama mengatakan : “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.” Maksud dari pepatah tadi adalah : dalam mendidik : guru atau orangtua harus dapat memberikan contoh yang baik kepada anak yang dididik, dengan contoh yang baik saja, belum tentu si anak didik menjadi baik _ apalagi diberi contoh yang buruk : si anak didik akan menjadi jauh lebih buruk. kira – kira demikian penjelasan dari pepatah tersebut. Ini adalah salah satu dari sekian banyak pepatah yang baik sekali untuk menjadi bahan renungan sehari – hari dalam kehidupan kita. Seringkali kita mangabaikan begitu saja pepatah- pepatah lama yang dibuat oleh nenek moyang kita. Sadarilah, bahwa nenek moyang kita adalah orangtua kita juga yang berusaha mewariskan ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini.

Di dalam  kehidupan saat ini, kita sebagai orang tua dari anak – anak kita wajib memberikan pendidikan kepada anak kita yang merupakan geberasi penerus keluarga sekaligus generasi penerus bangsa. Jangan pernah meremehkan hal ini, mendidik anak kelihatannya mudah_namun sama sekali tidakbegitu kenyataannya. Orang yang bertugas mendidik dan memberi contoh yang baik harus memiliki segudang ilmu dan segudang budi pekerti yang baik.

Lalu apa yang bisa kita lakukan jika kita bukan tergolong orang yang memiliki segudang ilmu dan segudang budi pekerti atau ahlak yang baik ?  Sebagai orangtua yang baik dan bijaksana, biasanya mempersiapkan dirinya dengan segala kemampuan mendidik agar si anak bisa terdidik menjadi anak yang baik. Tetapi bila kita sudah terlanjur berada dalam keadaan tidak mampu atau tidak sesuai dengan persyaratan di atas, aka serahkanlah semua masalah pendidikan kepada orang atau lembaga pendidikan yang kompeten. Pilihlah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang ada di lingkungan terdekat kita. Tunjuk dan berilah kepercayaan bagi lembaga tersebut. Jangan membuang waktu dan kesempatan. Jangan biarkan waktu dan kesempatan putra / putri kita tercinta mengkonsumsi pendidikan dan pengembangan kemampuannya dihabiskan hanya untuk bermain atau menikmati hidup tanpa berfikir panjang tentang masa depan anak- anak kita.

al ma'soem pesantren modern bandung

mendidik anak dengan baik di al ma’soem

Sebagai gambaran bagi anda, kami sebut sebuah contoh tempat mendidik dan mengembangkan kemampuan anak yang baik, yaitu Pesantren Modern YAYASAN AL MA’SOEM BANDUNG (YAMB). Lembaga pendidikan ini memiliki kualitas bertaraf nasional. Tak diragukan lagi, karena terbukti YAMB banyak sekali menerima penghargaan bagi prestasi yang dicapai oleh peserta didik, pengajar maupun lembaga pendidikan itu sendiri sebagai lembaga pendidikan terbaik. Hal seperti tersebut tadi, mudah saja bagi YAMB untuh meraihnya dikarenakan YAMB memiliki bebagai macam fasilitas pendukung yang sangat bagus di semua lini. Segala macam aspek yang terkandung dalam kegiatan belajar / mengajar di sini tak ada yang luput dari perhatian tim kerja lembaga pendidikan ini. Semuanya terpantau dan tak menganggap remeh, semuanya penting dan akan sangat mempengaruhi aspek yang lain seperti mata rantai yang selalu berkaitan. Menganalisa dan melaukan riset serta percobaan terhadapa hal – hal baru yang mungkin saja berpengaruh besar terhadap maju – mundurnya YAMB dan peserta didiknya, kerap sekali dilakukan. YAMB sangat khusyu’ sekali dalam mengemban amanat dari para orangtua peserta didiknya, karena bila tidak ‘amanah’,  bukan saja pemberi amanat yang kan menerima kerugian_tapi YAMB sebagai pengemban amanat bisa tercoreng nama baiknya untuk selama- selamanya.

Nah, sekarang keputusan berada di tangan anda !

Lihat info lanjutan tentang YAMB atau ingin mendaftar, klik di sini :

http://almasoem.sch.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s